.comment-link {margin-left:.6em;}

Saturday, January 07, 2006

 

Tentang Blogger

Jumlah blog bertambah terus dengan angka yang mencengangkan dan untuk tingkat pemakaian Internet di Indonesia yang relatif rendah persentasenya pun, peningkatan kuantitas itu sudah membuat “kewalahan”.

Kalau Anda coba jalan-jalan menelusuri blog satu ke lainnya (atau dikenal dengan istilah blogwalking), baik dengan mendatangi langsung atau lewat pembaca sindikasi, berapa banyak waktu yang harus diluangkan?

Blog Indonesia sudah sedemikian beragam, memiliki jalinan kelompok yang diciptakan secara semu (karena sering kunjung-mengunjungi antarblog misalnya) atau memang representasi sebuah paguyuban (ada kelompok junker, keluarga, remaja, penganut agama, misalnya). Sebuah rangkuman komprehensif perlu mengakomodasi suasana di setiap kelompok tersebut, misalnya disajikan secara tematik.
Penyusunan analisis rangkuman ini perlu ketekunan dan berat. Baik si penulis mengumpulkannya sambil mengikuti proses — misalnya setiap bulan si penulis mencatat peristiwa yang dianggap penting pada tema tersebut — atau dikerjakan sebagai sebuah projek besar di akhir tahun dengan membedah arsip puluhan, atau bahkan ratusan, blog. Pekerjaan seperti ini, menurut saya, bukan tipikal penulis blog yang condong pada tulisan instan dan berukuran pendek, hanya memotret satu fragmen, serta sedikit melakukan analisis.
Jangan komplain terhadap tipikal yang saya sebutkan tadi, lihatlah sebagai peluang: terbuka kesempatan menjadi penulis laporan yang lebih serius, pengulas fenomena peristiwa berentang waktu panjang.

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?